Laporan Remidial dan Pengayaan Kimia

LAPORAN KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN

1. Identitas
    Sekolah             :  
    Mata Pelajaran   :   Kimia
    Kelas/Program   :   XII – IPA.1
    Semster/Th. Pel.   :     Gasal, 2010/2011
    Ulangan harian ke  :     Pertama (UH-1)
2. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi: 1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit
Kompetensi Dasar: 1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan
3. Indikator pencapaian kompetensi dasar
1)  Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap penurunan tekanan uap larutan
2) Menghitung besarnya penurunan tekanan uap larutan berdasarkan jumlah zat terlarut dalam suatu larutan
3) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap kenaikan titik didih larutan
4) Menghitung titik didih suatu larutan yang diketahui konsentrasinya
5) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap penurunan titik beku larutan
6) Menghitung massa atom relatif zat yang terlarut berdasarkan harga penurunan titik beku suatu larutan
7) Menjelaskan pengaruh jumlah zat terlarut terhadap penurunan titik beku larutan
8) Menghitung tekanan osmosis suatu larutan berdasarkan jumlah zat yang terlarut dalam suatu larutan
4. Naskah Soal, Kunci, dan Penskoran
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Pak Putra membuat larutan dengan jalan melarutkan 18 gram glukosa (C6H12O6) ke dalam 180 mL air. Hitunglah:
a)    Molalitas larutan Glukosa tersebut!
b)   Fraksi mol Glukosa dalam larutan tersebut!
a)   18/180 = 0,1 mol
180 mL = 180 gr = 0,18 kg
mglu = 0,1/0,18 = 0,556
b)  mol air = 180/18 = 10 mol
Xglu = 0,1/10,1 = 0,0099
1
1
1
1
1
2
Suatu larutan sebanyak 50 gr dibuat dengan mencampurkan 23 gr etanol (Mr=46) dengan 27 gr air. Jika tekanan uap air pada suhu ruangan adalah 30 mmHg, hitung tekanan uap larutan!
23/46 = 0,5 mol
27/18 = 1,5 mol
P = Xp . Po
P = 1,5/2 . 30 = 22,5 mmHg
1
1
1
1
3
Ke dalam 250 mL air, Pak De melarutakan 45 gram glukosa (C6H12O6). Pada suhu itu titik didih air adalah 1000C dan titik bekunya 00C sedangkan harga Kf = 1,80 dan Kb = 0,50. Tentukan Titik didih larutan glukosa tersebut!
45/180 = 0,25 mol
250 mL = 250 gr = 0,25 kg
mglu = 0,25/0,25 = 1 m
∆Tb = m . Kb = 1 . 0,52
Tb = 100 + 0,52 = 100,52

1
1
1
1
1
SKOR TOTAL
14



5. Hasil Ulangan Harian (Uji kompetensi)
Ulangan harian dilaksankan pada tanggal 7 Agustus 2010. Berdasarkan pelaksanaan ulangan harian, maka didapatkan hasil, sebagai berikut:
NO
NAMA SISWA
L/P
NIS
NILAI
KETERANGAN
1
Adi Parmana Putra Kadek
L
2991
78
Tuntas
2
Agus Ariadi Kadek
L
2994
78
Tuntas
3
Agus Ciptawan Putu
L
3033
25
Belum Tuntas
4
Alpin Danu Pramana Putra Kd.
L
2927
100
Tuntas
5
Aria Kadek
L
2728
38
Belum Tuntas
6
Ayu Anggraeni Ni Kadek
P
2929
97
Tuntas
7
Budiasrini Ni Ketut
P
3004
72
Tuntas
8
Catur Wardaya Komang
L

50
Belum Tuntas
9
Dodi Mahardika Putu
L
2935
13
Belum Tuntas
10
Dwi Agustawan Kadek
L
2936
31
Belum Tuntas
11
Dwi Anjani Ida Ayu Kade
P
3039
44
Belum Tuntas
12
Eka Sri Wahyuni Desak Putu
P
2966
31
Belum Tuntas
13
Endra Suteja Putu
L
2969
9
Belum Tuntas
14
Eni Sri Wahyuni Putu
P
2937
84
Tuntas
15
Evariana Kadek
L
3085
78
Tuntas
16
Indah Wahyuni Putu
P
2939
59
Belum Tuntas
17
Krisya Bawanti Luh
P
2942
88
Tuntas
18
Lusy Arista Luh
P
3096
47
Belum Tuntas
19
Meji Ratnasari Nyoman
P
2976
63
Belum Tuntas
20
Novia Dewi Ketut
P
2944
47
Belum Tuntas
21
Ria Lestiana Made
P
3054
44
Belum Tuntas
22
Rismaryani Ni Putu
P
3021
91
Tuntas
23
Sri Astiti Putu
P
3025
0
Belum Tuntas
24
Sugiani Luh
P
2946
41
Belum Tuntas
25
Sulistia Dewi Ida Ayu Komang
P
2947
88
Tuntas
26
Swandipa I Nyoman
L
2948
69
Belum Tuntas
27
Yuliari Komang
P
2990
78
Tuntas






RERATA

57.15

JUMLAH SISWA TUNTAS BELAJAR

11

KETUNTASAN BELAJAR (%)

40.74%

NILAI TERTINGGI

100.00

NILAI TERENDAH

0.00

STANDAR DEVIASI

28.08

6. Analisis Hasil Ulangan Harian (Uji Kompetensi)
Berdasarkan hasil ulangan harian tersebut, maka dapat dijelaskan:
1)  Perolehan rerata nilai UH-1 sebesar 57,15, di mana rerata ini belum mencapai KKM yaitu sebesar 72;
2) Ketuntasan belajar mencapai 40,74% atau terdapat 11 siswa yang dinyatakan tuntas, ini berarti masih terdapat 16 siswa yang dinyatakan tidak tuntas;
7. Rencana tindak Lanjut
Berdasarkan analisis tersebut, maka disusun rencana sebagai berikut:
a)    Kepada 16  orang siswa yang dinyatakan belum tuntas, diberikan remedial, sedangkan 11 siswa lainnya yang sudah tuntas diberikan pengayaan.
b)   Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan kegiatan pembelajaran tutur sebaya, dalam hal ini dibentuk 4 kelompok yang masin-masing terdiri dari 4 orang siswa belum tuntas dan 2 - 3 orang siswa sudah tuntas. Dalam hal ini kelompok siswa yang sudah tuntas diarahkan membimbing siswa lainnya yang dinyatakan belum tuntas
c)    Keberhasilan bimbingan dinyatakan secara terukur dengan melihat perolehan rerat nilai siswa yang belum tuntas
d)   Pelaksanaan kegiatan remedial dan pengayaan yang dilanjutkan dengan penilaian yang  dilaksanakan pada hari minggu, tanggal 15 Agustus 2010 dari jam 09.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita
8. Soal Ulangan Pasca Remedial dan Pengayaan
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Pak Putra membuat larutan dengan jalan mencampurkan 230 mL alkohol (C2H5OH) dengan 270 mL air. Pada suhu tersebut, tekanan uap jenuh air adalah 30 mmHg. Tentukan:
a)    Fraksi mol alkohol pada larutan tersebut!
b)   Tekanan uap larutan tersebut!
a)    Fraksi mol alkohol pada larutan tersebut!
n alk = 230/46 = 5 mol         
n air = 270/18 = 15 mol         
X alk = 5/(5+15) = 5/20 = 0,25  
b)   Tekanan uap larutan tersebut!
P = Xp . P0
Xp = 15/20 = 0,75  
P = 0,75 . 30 = 22,5 mmHg



1
1
1

1
1
1
2
Ke dalam 250 mL air, Pak De melarutakan 45 gram glukosa (C6H12O6). Pada suhu itu titik didih air adalah 1000C dan titik bekunya 00C sedangkan harga Kf = 1,80 dan Kb = 0,50. Tentukan:
a)    Molalitas larutan glukosa yang terbentuk!
b)   Titik didih larutan glukosa tersebut!
c)    Titik beku larutan glukosa tersebut!
a)   Molalitas larutan glukosa yang terbentuk!
nglu = 45/180 = 0,25 mol
m = n/Kg = 0,25/0,25 = 1 molal
b)  Titik didih larutan glukosa tersebut!
∆Tb = m x Kb = 1 x 0,5 = 0,5
Tb = Tbo + ∆Tb = 100 + 0,5 = 100,5 o
c)   Titik beku larutan glukosa tersebut!
∆Tf = m x Kf = 1 x 1,8 = 1,8     
Tf = Tbo - ∆Tb = 0 – 1,8 = -1,8 oC


1
2



1

2


1

2

Pak Gede membuat larutan urea (CO(NH2)2) sebanyak 200 mL. Larutan tersebut isotonis dengan 500 mL larutan gula (C12H22O11) 0,1 M pada suhu 127oC dan dengan harga R = 0,082 L.Atm.mol-1.K-1. Tentukan:
a)    Tekanan osmosis larutan uera tersebut!
b)   Konsentrasi larutan urea yang dibuat Pak Gede!
c)    Massa urea yang diperlukan!
a)   Tekanan osmosis larutan uera tersebut!
pure = pglu
Mure.R.T = Mglu.R.T
Mure = Mglu = 0,1 M
pure = Mure.R.T = 0,1 x 0,082 x 400
= 3,28 Atm                     
b)   Konsentrasi larutan urea yang dibuat Pak Gede!
pure = pglu
Mure.R.T = Mglu.R.T
Mure = Mglu = 0,1 M           
c)    Massa urea yang diperlukan!
Mure = nure/L = (gr/Mr)/L
0,1 = (gr/60)/0,2 = 1,2 gram  







3




2


3

SKOR

23
9. Hasil Penilaian Pasca Remedial dan Pengayaan
Berdasarkan hasil penilaian yang pasca penyelenggaraan kegiatan Remedial dan Pengayaan, yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2009, maka diperoleh hasil seperti disajikan pada tabel berikut:
NO
NAMA SISWA
L/P
NIS
NILAI
KETERANGAN
1
Adi Parmana Putra Kadek
L
2991
100
Tuntas
2
Agus Ariadi Kadek
L
2994
78
Tuntas
3
Agus Ciptawan Putu
L
3033
40
Belum Tuntas
4
Alpin Danu Pramana Putra Kd.
L
2927
100
Tuntas
5
Aria Kadek
L
2728
40
Belum Tuntas
6
Ayu Anggraeni Ni Kadek
P
2929
97
Tuntas
7
Budiasrini Ni Ketut
P
3004
72
Tuntas
8
Catur Wardaya Komang
L

80
Tuntas
9
Dodi Mahardika Putu
L
2935
13
Belum Tuntas
10
Dwi Agustawan Kadek
L
2936
50
Belum Tuntas
11
Dwi Anjani Ida Ayu Kade
P
3039
44
Belum Tuntas
12
Eka Sri Wahyuni Desak Putu
P
2966
40
Belum Tuntas
13
Endra Suteja Putu
L
2969
55
Belum Tuntas
14
Eni Sri Wahyuni Putu
P
2937
84
Tuntas
15
Evariana Kadek
L
3085
78
Tuntas
16
Indah Wahyuni Putu
P
2939
75
Tuntas
17
Krisya Bawanti Luh
P
2942
88
Tuntas
18
Lusy Arista Luh
P
3096
47
Belum Tuntas
19
Meji Ratnasari Nyoman
P
2976
63
Belum Tuntas
20
Novia Dewi Ketut
P
2944
75
Tuntas
21
Ria Lestiana Made
P
3054
75
Tuntas
22
Rismaryani Ni Putu
P
3021
91
Tuntas
23
Sri Astiti Putu
P
3025
40
Belum Tuntas
24
Sugiani Luh
P
2946
100
Tuntas
25
Sulistia Dewi Ida Ayu Komang
P
2947
88
Tuntas
26
Swandipa I Nyoman
L
2948
69
Belum Tuntas
27
Yuliari Komang
P
2990
78
Tuntas






RERATA

68.89

JUMLAH SISWA TUNTAS BELAJAR

16

KETUNTASAN BELAJAR (%)

59.26%

NILAI TERTINGGI

100.00

NILAI TERENDAH

13.00

STANDAR DEVIASI

23.02

10. Analisis Hasil Kegiatan Remedial dan Pengayaan
Berdasarkan hasil penilaian setelah kegiatan Remedial dan Pengayaan, maka dapat dijelaskan:
a)    Perolehan rerata nilai mencapai 68,89, di mana perolehan masih lebih kecil dari KKM yaitu sebesar 72. Artinya, perlu ada tindakan berikutnya untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa;
b)   Persentase ketuntasan belajar siswa baru mencapai 59,26%, yaitu sebanyak 16 dari 27 siswa dinyatakan tuntas. Hasil ini lebih tinggi dari UH seelumnya tetapi masih lebih rendah dari batas ketuntasan klasikal yang ditetapkan, yaitu sebesar 85%;
11. Penutup (Simpulan dan Rekomendasi)
a) Simpulan
Berdasarkan hasil kegiatan Remedial dan Pengayaan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan:
1)    Pembelajaran Kimia di kelas XII – IPA.1  untuk materi sifat koligatif larutan belum tuntas, sehingga diperlukan tindak lanjut berikutnya untuk meningkatkan ketuntasan siswa;
2)   Peningkatan hasil ditunjukkan dari perolehan rerata nilai, yaitu dari 57,15 sebelum kegiatan Remedial dan Pengayaan menjadi 68,89, namun hasil masih lebih kecil dari KKM yaitu sebesar 72;
3)   Peningkatan hasil ini juga terlihat dari perolehan ketuntasan belajar siswa dari 40,74% sebelum kegiatan Remedial dan Pengayaan menjadi 59.26%, namun masih lebih kecil dari kriteria ketuntasan belajar minimal yaitu 85%;
b) Rekomendasi
Beberapa rekomendasi yang dapa disampaikan, diantaranya:
1)    Kegiatan remedial yang dilakukan berupa tutor sebaya di mana ini merupakan salah satu teknik kegiatan Remdial dan Pengayaan. Agar pelaksanaan Remedial dan Pengayaan lebih menarik, tepat guna, dan tepat sasaran maka pemilihan teknik agar lebih bervariasi sesuai dengan konteks dan konten pembelaajran;
2)   Agar kegiatan remedial dan pengayaan lebih efektif dan efesien, maka dapat dilakukan penggabungan untuk kelas yang setara sesuai dengan KD yang diitndaklajuti. Penggabungan ini diharapkan mempertimbangkan situasi dan kondisi kelas serta hasil pembelajaran siswa;
3)   Oleh karena kegiatan Remedial dan Pengayaan dilaksanakan di luar jam efektif, maka pelaksanaannya dapat menggunaka hari libur atau hari minggu, sehingga situasi belajar lebih segar dan tidak terkesan dipaksakan.

                                                                        Banyuatis, Agustus 2010        
                                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia,



                                                                        Gede Putra Adnyana,
                                                                        NIP. 196812011991031005

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Pembaca adalah Kebahagiaan Penulis